Home > Kesehatan Lingkungan > MENGHITUNG BAKTERI COLI DALAM AIR

MENGHITUNG BAKTERI COLI DALAM AIR

Dibawah ini akan diberikan dua metode untuk penentuan jumlah bakteri coli dalam air. Metode tersebut yaitu :
(I). Metode Hach Coliver
Metode ini merupakan penyesuaian (adaptasi) uji American Public Health Association (APHA) untuk bakteri coli.
Alat dan Bahan :
(a) 5 Rakitan Tabung Presumsi (berisi bulyon laktose)
(b) 5 Rakitan Tabung Konfirmasi (berisi buyon empedu laktose)
Prosedur :
(1) Uji Presumsi
(a) Cuci tangan bersih benar – benar dengan sabun dan air.
(b) Keluarkan rakitan tabung presumsi.
(c) Copot tutupnya. Jangan jamah bagian dalam sumbat (tutup) dan rakitan tabung. Bakteri bisa dipindah dari tangan ke rakitan.
(d) Isi rakitan tabung dengan air yang akan diuji dan pasang kembali sumbatnya.
(e) Biarkan medium nutrien melarut, balikkan rakitan sehingga air mengisi bagian dalam tabung. Pastikan jangan sampai ada udara dalam tabung sebelah dalam.
(f) Ulangi langkah – langkah tadi dengan keempat rakitan lainnya.
(g) Letakkan kelima rakitan dalam tempat hangat, misalnya inkubator pada suhu 35 derajat Celcius kurang lebih 0,5 derajat Celcius. Setelah satu jam balikkan tabung sekali lagi. Udara akan keluar dari tabung. Kembalikan rakitan ke dalam inkubator.
(h) Jika setelah 12-24 jam terkumpul gas dalam tabung dalam, bakteri coli diduga ada. Jika tidak timbul gas dalam tabung, kembalikkan contoh tadi ke dalam inkubator. Biarkan selama 48 jam. Jika tetap tidak ada gas yang timbul, koli dianggap tidak ada.
(2) Uji Konfirmasi
Gas yang terbentuk mungkin saja dihasilkan bakteri lain. Karena itu sebaiknya dilakukan uji konfirmasi. Jika dalam rakitan tabung konfirmasi dihasilkan gas maka hal itu membuktikan bahwa bakteri coli itu ada.
(a) Setelah gas nyata diamati dalam tabung presumsi, balikkan tabung. Hal ini akan memindahkan sebagian bakteri ke dalam sumbat. Tempatkan sumbat rakitan tabung konfirmasi.
(b) Balikkan rakitan tabung konfirmasi untuk menghilangkan udara dari tabung dalam.
(c) Ulangi langkah (a) dan (b) untuk smeua rakitan tabung persumsi yang berisikan gas.
(d) Letakkan rakitan tabung konfirmasi dalam inkubator pada suhu 35 derajat celcius untuk 48 kurang lebih 3 jam. Pembentukan gas membuktikan kehadiran koli.
(II) Penyaringan Membran : Metode Millipore
Saringan membran merupakan saringan plester yang tipis berpori. Dibuat dengan pori yang amat kecil sehingga dapat menangkap semua bakteri yang ada dalam air itu dilewatkan saringan. Setelah air dipaksa melalui saringan kemudian saringan ditempatkan pada medium dengan nutrien yang cocok. Tiap bakteri akan memperbanyak diri sehingga tumbuh menjadi koloni – koloni yang mudah dikenal. Setiap koloni berasal dari sebuah bakteri dalam air. Perangkat uji Millipore mempunyai aturan untuk menghitung jumlah bakteri dan jumlah bakteri coli. Ada pula medium yang hanya akan membiarkan tumbuh bakteri coli. Jika jumlah bakteri dalam air itu banyak, maka air itu harus diencerkan dengan air suling yang disterilkan sebelum disaring. Lebih mudah menghitung 10 koloni dari 1 ml air yang diencerkan dengan 99 ml air steril daripada menghitung 1000 koloni dari 100 ml air.
Jika perlengkapan Millipore tidak tersedia, tumbuhkan koloni bakteri langsung pada medium agar-agar dalam piring petri. Untuk perhitungan secara kuantitatif sukar sekali jika tidak digunakan saringan membran.
Video Streaming :
Terima Kasih
Categories: Kesehatan Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: