Home > Kesehatan Lingkungan > SEMUA MAKHLUK HIDUP SAHABAT LINGKUNGAN

SEMUA MAKHLUK HIDUP SAHABAT LINGKUNGAN

Kebersihan bukan lagi suatu hal yang asing bagi masyarakat diseluruh dunia, karena kebersihan merupakan hal penting yang selalu diperhatikan setiap hari baik dirumah, ataupun dilingkungan sekitar. Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau, karena proses penularan penyakit disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga berarti bebas dari virus, bakteri patogen, dan bahan kimia berbahaya.
Tingkat Kebersihan berbeda‐beda menurut tempat dan kegiatan yang dilakukan manusia. Kondisi kebersihan air dan lingkungan menjadi masalah yang sulit dibenahi, di sebagian besar daerah di Indonesia masih sangat buruk. Situasi ini menyebabkan tingginya kerawanan anak terhadap penyakit yang ditularkan lewat air. Secara praktis masalah kebersihan menjadi tidak kondusif karena masyarakat memang selalu tidak sadar akan hal tersebut. Tempat pembuangan kotoran tidak dipergunakan dan dijaga dengan baik. Akibatnya masalah diare, penyakit kulit, penyakit usus dan penyakit lain yang disebabkan air sering menyerang golongan keluarga ekonomi lemah. Upaya mengembangkan kesehatan anak secara umum pun menjadi terhambat. Selain itu, kurangya tingkat kesadaran masyarakat tentang kebersihan dan peduli lingkungan sehat. Masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah di sungai, atau selokan yang bisa menyebabkan meluapnya air atau banjir yang tidak terduga. Atau bahkan banyak berdirinya bangunan yang tidak memikirkan saluran air pembuangan sehingga air tidak mengalir normal atau sistem drainase yang tidak berjalan karena banyaknya peyumbatan.
Menjaga kebersihan dapat ditempuh dangan cara : mencuci tangan, mencuci alat makan, mencuci kaki, dan membersihkan lingkungan tempat tinggal dari kotoran dan sampah. Dengan menjaga kebersihan, lingkungan akan menjadi lebih sehat dan akan lebih nyaman untuk berkarya. Pemerintah dan masyarakat diharapkan mampu untuk bekerja sama dalam hal menjaga kebersihan lingkungan.
Jika pemerintah melaksanakan tugas dengan baik dalam menjaga kebersihan dan masyarakat ikut memelihara kebersihan lingkungannya, alangkah indahnya kondisi lingkungan tempat melaksanakan aktivitas sehari‐hari. Oleh karena itu, memulai dari hal terkecil dan harus mulai dari lingkungan terdekat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Permasalahan kebersihan dan lingkungan bersih harus mendapat perhatian khusus dari semua pihak. Terlebih di lingkungan sekolah dan rumah yang harus dijadikan motivasi bagi anak‐anak sebagai generasi penerus yang harus selalu meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Untuk itu jadikanlah lingkungan bersih itu sahabat, agar sebagai manusia yang bermasyarakat peduli lingkungan bersih bisa menciptakan suasana yang nyaman terhindar dari berbagai dampak lingkungan yang kotor.
Tanpa disadari manusia dan lingkungan punya ikatan yang sangat kuat, karena manusia tanpa lingkungan yang sehat dan bersih tidak akan tercipta manusia yang sehat dan mempunyai pola hidup bersih, meskipun upaya yang harus dilakukan baik oleh pemerintah ataupun masyarakat yang peduli lingkungan harus bekerja keras untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan begitu pun dampak dari pencemaran lingkungan harus diantisipasi sejak dini.
Begitu juga dengan makhluk hidup yang lain selain manusia, mereka semua mempunyai ikatan dengan lingkungan yang sangat kuat. Oleh karena itu janganlah kita merusak ataupun memporak pondakan sesuatu lingkungan yang indah dan beserta isinya di Alam ini.
Categories: Kesehatan Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: