Home > Kesehatan Lingkungan > MAKNA KESEHATAN

MAKNA KESEHATAN

Kesehatan berarti lebih dari sekadar tanpa penyakit, sebagaimana dinyatakan dalam definisi WHO tentang kesehatan. Kesehatan hanya mungkin jika tersedia sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan manusia dan jika lingkungan hidup dan bekerja dilindungi dari polutan patogen, dan gangguan fisik yang mengancam kehidupan dan kesehatan. Kesehatan juga mencakup kesejahteraan dan rasa aman. Lingkungan hidup dan bekerja yang kurang memadai berkaitan dengan masalah – masalah fisik maupun psikososial. Kekerasan dan alienasi tidak hanya berhubungan dengan prospek pekerjaan yang jelek, tetapi jua dengan kepadatan berlebihan, perumahan yang tidak memadai, pelayanan – pelayanan yang tidak mencukupi dan kekurangan penyediaan sarana rekreasi, tempat bermain dan perkembangan anak. Pemahaman yang semakin baik terhadap keterkaitan ini telah mengarahkan pada konsep lingkungan yang membawa kesehatan, yang tidak hanya meminimalkan risiko penyakit, tetapi mendorong pemenuhan kebutuhan personal serta komunitas, harga diri dan rasa aman.
Definisi sehat dari WHO itu sendiri adalah suatu keadaan yang baik dari fisik, mental dan sosial, dan tidak hanya sekedar tanpa penyakit atau kecacatan. Hubungan yang kompleks antara kesehatan dan lingkungan hidup meletakkan beban tanggungan jawab atas peningkatan kesehatan di pundak semua orang di masyarakat. Kesehatan tidak hanya menjadi tanggung jawab dokter, perawat, bidan dan profesi kesehatan yang lain yang berupaya mencegah atau mengobati penyakit atau mereka yang bekerja untuk menyingkirkan patogen dari lingkungan manusia dan mengurangi kemungkinan kecelakaan. Kesehatan juga menjadi tanggung jawab para perencana, arsitek, guru, karyawan, dan semua yang mempengaruhi lingkungan fisik atau sosial. Merupakan tanggung jawab tenaga profesi kesehatan untuk bekerja bersama dengan semua kelompok dalam masyarakat untuk meningkatkan kesehatan.
Pemahaman atas kesehatan juga berarti bahwa, paling penting, individu, rumah tangga, dan komunitas memikul tanggung jawab substansi bagi kesehatan mereka sendiri. Tanggung jawab perorangan maupun masyarakat dalam hal kesehatan merupakan pendukung utama hak – hak perorangan dan masyarakat. Hak perorangan untuk memperoleh tempat tinggal yang memadai, pelayanan kesehatan, dan pendidikan (termasuk pendidikan kesehatan) perlu disertai dengan komitmen mereka untuk peningkatan dan perlindungan terhadap kesehatan dan kesejahteraan mereka sendiri dan lingkungan sekitar mereka. Sebenarnya, setiap orang dewasa sebagai warganegara wajib untuk menjamin bahwa risiko kesehatan di dalam lingkungan manusia ditekan serendah mungin dan sumber daya pemerintah dimanfaatkan secara bijaksana. Hak – hak warga negara dan kemampuan mereka untuk berorganisasi dan bertindak merupakan hal yang sangat menentukan dalam bidang kesehatan. Rumah tangga dan masyarakat dengan pengetahuan, keyakinan, dan kapasitas untuk meningkatkan lingkungan mereka sendiri berkecenderungan menjadi lebih sehat, tidak hanya karena perbaikan – perbaikan fisik yang mereka lakukan, tetapi juga karena keterkaitan yang penting antara kesehatan mental dan harga diri serta kapasitas untuk melakukan tindakan.
Terima Kasih
Categories: Kesehatan Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: