Home > Kesehatan Lingkungan > MENGINTEGRASIKAN PEMBANGUNAN, LINGKUNGAN DAN KESEHATAN

MENGINTEGRASIKAN PEMBANGUNAN, LINGKUNGAN DAN KESEHATAN

Kesehatan dipengaruhi oleh kemampuan kita unuk memahami dan mengelola interaksi antara kegiatan manusia dan lingkungan fisik serta biologis. Kita memiliki pengetahuan untuk melakukan hal tersebut, tetapi telah gagal untuk memanfaatkan pengetahuan itu meskipun kita memiliki sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan pada masa kini dan masa mendatang.
Dua keprihatinan yang penting adalah : pembangunan yang mencoba memenuhi kebutuhan penduduk terutama dalam hal kesehatan ; yang kedua : kelangsungan ekologis sehingga sumberdaya alam tidak dihabiskan dan sistem alamiah tidak dirusak atau menjadi kurang bermutu. Memenuhi kebutuhan pada masa sekarang dan pada masa depan dalam hal makanan, air dan energi bagi penduduk dunia tanpa mengurangi dan merusak basis sumberdaya global, dan pada saat yang sama menghindari konsekuensi – konsekuensi industrialisasi dan urbanisasi yang tidak terkendali atas akibat negatif pada kesehatan dan lingkungan, hanya dapat dicapai jika penduduk memahami dan mampu melakukan langkah yang tepat. Hal ini membutuhkan perubahan – perubahan atas perencanaan yang dilakukan oleh pemerintah dan cara pengelolaan pembangunan. Bidang pertanian, penelitian dan pelayanan – pelayanan diperlukan, sehingga kebutuhan para petani miskin lebih dipenuhi dan mereka lebih terlibat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Di daerah perkotaan kemitraan partisipatif antara pemerintah setempat dan organisasi – organisasi masyarakat perlu dikembangkan. Penduduk tergantung pada sumberdaya alam sehingga harus dilibatkan sepenuhnya di dalam pengambilan keputusan tentang penggunaan dan perlindungan sumberdaya tersebut. Semua kelompok masyarakat termasuk mereka yang hidup dan bekerja di lingkungan yang paling tidak sehat atau yang sekarang tidak diikutkan dalam pengambilan keputusan tentang cara pemanfaatan sumberdaya, harus mulai dilibatkan di dalam pengambilan keputusan dan tindakan – tindakan yang diperlukan.
Partisipasi lokal memerlukan kerangka nasional dan global untuk menjamin tersedianya pengetahuan dan sumberdaya yang memadai dan bahwa tindakan – tindakan lokal tidak menimbulkan beban atas daur alam dan sistem alam. Diperlukan kesepakatan antar pemerintah yang membatasi pemanfaatan sumberdaya – sumberdaya  alam yang terbatas dan bahwa setiap negara dibatasi dalam hal membuang limbah yang tidak dicerna (non-biodegradable) sesuai keinginan. Untuk itu penduduk dibutuhkan agar keprihatinan mereka tidak hanya sekedar mutu lingkungan mereka sendiri, mereka dapat menekan pemerintah untuk mencapai konsensus internasional yang melindungi kelangsungan hidup dan kesehatan planet yang sama.
Terima Kasih
Categories: Kesehatan Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: