Home > Kesehatan Lingkungan > KESEHATAN DAN LINGKUNGAN

KESEHATAN DAN LINGKUNGAN

Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan harus menjadi pusat perhatian dalam kaitannya dengan lingkungan dan pembangunan. Namun demikian, kesehatan jarang memperoleh prioritas yang tinggi di dalam kebijakan lingkungan dan perencanaan pembangunan, kesehatan jarang dianggap sebagai hal yang penting dalam program – program lingkungan atau pembangunan, walaupun sebenarnya mutu lingkungan dan hakekat pembangunan adalah determinan utama kesehatan. Masalah – masalah yang paling mendesak di dunia adalah penyakit dan kematian dini / prematur akibat penyebab – penyebab biologis di dalam lingkungan manusia, yakni : di air, makanan, udara dan tanah. Penyebab – penyebab tadi menyebabkan kematian dini atas jutaan orang khususnya bayi dan anak – anak dan juga penyakit atau kecacatan di antara ratusan juta orang yang lain. Masalah yang dihadapi dan paling dirasakan di negara – negara berkembang yakni :
1. Empat juta bayi atau anak meninggal setiap tahun akibat penyakit – penyakit diare, terutama sebagai akibat makanan atau air yang tercemar.
2. Lebih dari satu juta orang meninggal akibat penyakit malaria setiap tahun dan 267 juta terinfeksi oleh malaria.
3. Ratusan juta orang menderita infestasi parasit usus sehingga mereka menjadi lemah.
Masalah – masalah kesehatan lingkungan yang serius, dihadapi oleh negara berkembang maupun negara maju, yakni :
1. Ratusan juta orang menderita penyakit – penyakit pernafasan dan lain – lain sebagai akibat bahan – bahan kimiawi dan biologis termasuk tembakau, polusi udara baik di dalam maupun di luar ruangan.
2. Ratusan juta orang terpapar oleh bahan kimia dan fisik yang sebenarnya tidak perlu, di rumah, tempat kerja atau di lingkungan luas (termasuk 500.000 orang yang meninggal dan puluhan juta orang lain yang mengalami kecelakaan lalu lintas setiap tahun).
Kesehatan juga dipengaruhi oleh bagaimana orang mampu mendapatkan makanan, air dan perlindungan. Lebih dari 1 milyar orang tidak memiliki penghasilan atau tanah yang memadai untuk mencukupi kebutuhan – kebutuhan dasar. Ratusan juta orang menderita akibat kurang gizi.
Pelestarian daur dan sistem global yang menjadi gantungan semua kehidupan merupakan syarat untuk kesehatan. Pertumbuhan penduduk dan cara pemanfaatan sumber daya serta limbah yang dihasilkan bisa mengancam basis lingkungan yang menjadi tempat gantungan kesehatan dan kelangsungan hidup serta menambah beban generasi – generasi berikutnya. Akibat yang ditimbulkan pada kesehatan manusia dan sumber daya alam serta sistem – sistem alamiah kesehatan dapat ditekan serendah mungkin dengan pengelolaan lingkungan yang lebih baik.
Terima Kasih
Categories: Kesehatan Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: