Home > Kesehatan Lingkungan > AHLI FUNGSI LAHAN TERKAIT MASALAH DEGRADASI SUMBER DAYA DAN LINGKUNGAN HIDUP

AHLI FUNGSI LAHAN TERKAIT MASALAH DEGRADASI SUMBER DAYA DAN LINGKUNGAN HIDUP

Sebagaimana dikemukakan sebelumnya proses alih fungsi lahan umumnya berlangsung dari aktifitas dengan economic land rent yang lebih rendah ke aktifitas-aktifitas dengan economic land rent yang lebih tinggi. Namun di sisi lain alih fungsi lahan pada umumnya berlangsung dari aktifitas  dengan environmental rent yang lebih tinggi ke aktifitas dengan  environmental rentyang lebih rendah.
Dengan demikian secara keseluruhan aktifitas kehidupan cenderung menuju sistem pemanfaatan sumber daya alam dengan kapasitas daya dukung yang semakin menurun, padahal di lain pihak permintaan akan sumber daya terus meningkat akibat tekanan pertambahan pemduduk dan peningkatan konsumsi per kapita. Statemen bersama peserta International Conference ‘Soil for Life’ yang diselenggarakan di Berlin pada tahun 1991 menyebutkan bahwa  “The present world agricultural system is increasingly unsustainable”.  Proses alih fungsi lahan umumnya bersifat irreversible.Lahan- lahan sawah yang dikonversikan ke berbagai aktifitas urban sangat kecil kemungkinannya untuk kemudian dikembalikan lagi menjadi sawah. Demikian halnya hutan- hutan yang mengalami degradasi memerlukan effort yang sangat besar untuk direboisasi.
Walaupun program reboisasi sudah merupakan bagian dari berbagai program pembangunan, namun secara umum tingkat efektifitasnya sangat rendah. Akibat sifatnya yang  irreversibledan kecenderungan kearah environmental rent yang lebih buruk, maka proses-proses alih fungsi lahan harus selalu ditempatkan dalam  perspektif perencanaan jangka panjang. Oleh karenanya perencanaan tata ruang selalu ditempatkan minimal sebagai bagian perencanaan pembangunan jangka menengah dan tidak merupakan bagian perencanaan pembangunan jangka pendek.  Namun akibat proses perencanaan yang tidak tepat, efektifitas perencanaan tata  ruang yang disusun umumnya rendah dan terlalu sering direvisi, sehingga seolah-olah bersifat jangka pendek, atau bahkan tidak dijadikan acuan sama sekali akibat  sudah kepalang tidak efektif.
Terima Kasih
Categories: Kesehatan Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: