Home > Sanitasi Lingkungan > FUNGSI LINGKUNGAN TERMINAL

FUNGSI LINGKUNGAN TERMINAL

Pengelolaan terminal yang mampu menyesuaikan dengan perkembangan, terkendali dan terarah (coach terminal) berkaitan dengan :
perencanaan, infrastruktur, system management dan informasi, lingkungan dan kerjasama serta pengaturan bebagai kepentingan yang aktif dalam kawasan terminal. Berbagai kepentingan yang ada dalam terminal adalah aktivitas transit, kewenangan, sistem pengendalian serta berbagai kepentingan yang mempengaruhi pengelolaan terminal secara terarah dan terkendali sesuai dengan tuntutan perkembangan di masa depan.
Menurut Budi (2005: 182-183) dalam buku pembangunan kota tinjauan regional dan lokasi terminal, fungsi terminal adalah sebagai berikut :
1. Menyediakan tempat dan kemudahan perpindahan moda transportasi.
2. Menyediakan sarana untuk simpul lalu lintas.
3. Menyediakan tempat utuk menyiapkan kendaraan.
Terminal merupakan simpul dalam sistem jaringan transportasi jalan yang berfungsi pokok sebagai pelayanan umum yaitu tempat untuk naik turun penumpang atau bongkar muat barang untuk pengendalian lalu lintas dan angkutan kendaraan umum, serta sebagai tempat pemberhentian intra atau antar moda transportasi. Sesuai dengan fungsi tersebut, maka penyelenggaraan terminal berperan menunjang tersedianya jasa transportasi yang sesuai dengan kebutuhan lalu lintas dan pelayanan angkutan aman, cepat, tepat, teratur dan biaya yang terjangkau masyarakat.Berbagai fungsi pengelolaan terminal perlu dievaluasi untuk menyusun manajemen (pengelolaan) dan organisasi pengelola terminal di masa yang akan datang. Menurut Gromule (2007) perkembangan fungsi umum terminal harus dilaksanakan, diantisipasi perkembangannya dengan pola yang sudah ada.
Pemanfaatan lokasi sejalan dengan perkembangan cakupan wilayah (pangsa pasar), factor dukungan pemerintah, infrastruktur yang tersedia serta kerjasama yang terbentuk dalam pengembangan terminal perlu dikelola dengan sumber daya manusia yang ada. Pengelolaan atas faktor tersebut hendaknya juga dipadukan dengan teknologi yang dimiliki. Hub dalam pengertian umum adalah tempat atau node tempat orang berkumpul dan beraktivitas untuk memulai bepergian atau dating dari suatu tempat. Passenger Logistic Hub (PLH) secara harfiah dapat diidentikan dengan terminal tempat orang melakukan transit dengan segala logistic atau sarana pendukungnya. Dalam lokasi ini infrastruktur social dan fisik dikoordinasikan dan diatur pemanfaatannya demi kepentingan semua pihak yang terlibat.
Berdasarkan model diatas, maka sebuah terminal secara organisasi merupakan kesatuan infrastruktur fisik, sosial, aktivitas pemanfaatan dan pengaturan interaksi semua pihak yang berkehendak melakukan transit / bepergian dan dating dari atau menuju suatu tempat. Keberhasilan management organisasi terminal tergantung pada aspekaspek :
1.Lokasi
2.Dukungan pemerintah sebagai otoritas, eksekutif yang mengatur semua kepentingan stakeholder dan keperluan pembangunan wilayah.
3.Infrastruktur pelayanan logistic, termasuk dalam hal ini anggaran dana operasional (dalam konteks Negara antara lain APBN/APBD).
4.Kerjasama antara otoritas dengan berbagai pihak, dalam hal ini kerjasama antara pihak terminal dengan perusahaan bis, penyewa lokasi dan reklame serta pihak lain.
5.Kualitas sumber daya manusia (SDM) terminal.
6.Perkembangan system informasi manajemen, mekanisme pelaporan, perencanaan, dan pertanggungjawaban (akuntabilitas dan disclosure).
Berbagai hal tersebut diatas menjadi faktor yang perlu diperhatikan untuk evaluasi ataupun mengembangkan manajemen organisasi terminal. Penilaian yang dilakukan tentunya harus mengimplementasikan variable-variabel dalam model tersebut pada elemen-elemen peraturan yang menjadi pedoman operasi terminal. Peraturan yang dimaksud antara lain adalah Undang-Undang,Peraturan Daerah, Surat Keputusan Kepala Daerah (Gubernur, Walikota/Bupati).
Terima Kasih
Categories: Sanitasi Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: