Home > Kebijakan Kesehatan > PENERAPAN ANALYSIS KONJOIN UNTUK KEBIJAKAN ASURANSI KESEHATAN

PENERAPAN ANALYSIS KONJOIN UNTUK KEBIJAKAN ASURANSI KESEHATAN

Di era pasar kompetitif, penyelenggara melakukan dengan rnetode yang retatif baru di asuransi kesehatan dituntut untuk memahami dalam nset pelayanan kesehatan maupun kebutuhan pasar dan menggunakan inforrnasi asuransi kesehatan, disebut anal isis konjoin yang diperoleh metafui penetiuan untuk mernperbaiki kualitas penyelenggaraan (conjoint analysis). Analisis korqoin merupakan pelayanan kesehatan. Oaya kompetisi melode survei pengumpulan data dan analisis penyelenggara asuransi kesehatan ditentukan multivariat yang khusus digunakan untuk o’eh kemampuan mengakomodasi nilai-mlai memahami preferensi (baca: kesukaan\) konsumen sesungguhnya ke dalam produk konsumen tentang multi atribut suatu produk produk yang dijual. Secara Iradisional, metoda ini didasarkan keterlibatan pasien dalam pengambilan pada orenis sederhana:  konsumen keputusan mecis sangat minimal. Keadaan ini mengevaluasi rulal atau utilitas (yang dapat diperoleh dari suatu berkonsultasi denqan seorang dokter maupun produk atau pelayanan (baik sesungguhnya pada level makro dalam perencanaan dan rnaupun hipotetis) dengan cara pengembangan pelayanan kesehatan kebutuhan unluk mengungkapkan nilai-nilai pasien maupun masyarakat dapat di era pasar kompetitif, penyelenggara melakukan dengan rnetode yang retatif baru di asuransi kesehatan dituntut untuk memahami dalam aset pelayanan kesehatan maupun kebutuhan pasar dan menggunakan inforrnasi asuransi kesehatan, disebut analisis konjoin yang diperoleh melalui penetuan untuk mernperbaiki kualitas penyelenggaraan (conjoint analysis).
Analisis kanjain rnerupakan sebuah rnetode rnultivariat yenq unik. karena peneliti mula-mula merancang suatu produk hipotetis .baca: perumpamaan!) dengan cara mernadukan sernua kemungkinan atribut dan rnasing-masing atribut produk tersebut. Produk hipotetis itu lantas disajikan kepada responden yang akan rnernberikan evaluasi keseluruhan tentang produk atau pelayanan lersebut. Peneliti merencanakan produk hipotetis dengan cara sedernikian rupa sehingga kepentingan masing-masing atnbut dan masing-rnasing tingkat atribut dapat dianalisis berdasarkan peringkat keseluruhan yang diberikan responden.
Terima Kasih
Categories: Kebijakan Kesehatan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: