Home > Kesehatan Lingkungan > SIKAP MASYARAKAT TERHADAP LINGKUNGAN

SIKAP MASYARAKAT TERHADAP LINGKUNGAN

Dalam teori cultural lag disebutkan bahwa masyarakat terdiri dari bagian-bagian, masyarakat senantiasa mengalami perubahan, perubahan tidak selalu bersifat serentak meliputi seluruh bagian. Tidak jarang di mulai dari bagian tertentu, perubahan pada salah satu bagian harus diikuti penyesuaian oleh bagian lain. Dari poin – poin tersebut dapat dijelaskan bahwa kondisi masyarakat selalu melakukan transformasi ke arah perubahan ( baik positif maupun negatif ) dalam hal ini terjadinya perubahan masyarakat yang tradisional kepada masyarakat yang modern .proses perubahan ini lebih cenderung seperti Trickle down Effect, masyarakat telah terpengaruhi oleh yang namanya globalisasi yang mereka anggap akan memajukan mereka padahal sesungguhnya globalisasi hanyalah sebuah permainan dari negara –negara adidaya seperti amerika serikat yang memegang kendali negara-negara berkembang seperti indonesia dengan merampok atau mengambil sumber daya alam yang ada di Indonesia.
Keterlambatan penyesuaian menyebabkan terjadinya cultural lag, merupakan sebagai sumber masalah sosial. Peran serta masyarakat amt penting untuk meningkatkan daya gunan dan hasil guna sistem pengelolaan lingkungan hidup. Mutu peran serta masyarakat tergantung kepada wawasan lingkungan, tingkat kesadaran, kekuatan, dan kemampuan lembaga dan pranata sosial serta kesempatan danruang gerak yang memadai bagi prakarsa masyarakat.
Tingkat kesadaran dan peran serta masyarakat, baik di kota maupun di desa, dalam bidang lingkungan sudah makin tinggi. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya kegiatan dan prakarsa masyarakat dalam segala bentuk, termasuk perbuatan nyata yang dilakukan oleh pemenang penghargaan lingkungan Kalpataru dan Adipura. Tetapi tingkat kesadaran tersebut masih perlu ditingkatkan sehingga dapat mempengaruhi perilaku secara terus-menerus dalam usaha perbaikan lingkungan hidup. Contoh konkretnya yang dilakukan oleh jajaran pemerintahan daerah solo yang menganggarkan biaya cukup besar untuk proyek penghijauan sebagaimana yang disampaikan oleh bpk. Djokowi di sela-sela seminar nasional yang di adakan oleh JIMMKI di UC UGM. bentuk.
Untuk itu diharapkan peran serta masyarakat seluruh indonesia dalam menlestarikan lingkungan yang ada disekitar kita janganlah membuat lingkungan itu semakin hancur dan tidak berguna bagi kehidupan anak cucu kita kelak nanti.
Terima Kasih
Categories: Kesehatan Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: