Home > Kesehatan Lingkungan > LINGKUNGAN HIDUP

LINGKUNGAN HIDUP

Ada 2 macam Lingkungan Hidup, yaitu Lingkungan Hidup Biosfer dan Lingkungan Hidup Buatan.Lingkungan Biosfer adalah Lingkungan yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa, yang terdiri dari Lingkungan Manusia, Hewan dan Tumbuhan.Sedangkan Lingkungan Manusia itu terdiri dari Lingkungan Fisik,Lingkungan Biologis dan Lingkungan Sosial.Sedangkan Lingkungan Hidup Buatan adalah Suatu keadaan / Lingkungan yang dibuat berdasarkan hobby atau kesenangan atau profesi .
Adapun yang dimaksud dengan Lingkungan Hidup Fisik adalah Segala sesuatu disekitar kita yang berbentuk benda mati., sedangkan  Lingkungan Hidup Biologis adalah segala Sesuatu yang berada disekitar manusia, yang berupa organisme hidup lainnya,selain dari manusia itu sendiri, sedang yang dimaksud dengan Lingkungan Hidup Sosial adalah manusia –manusia lain yang berada disekitar kita.                                                                                                            
PENYEBAB LINGKUNGAN HIDUP
    1..Population                      – Kependudukan
           2. Poverty                   – Kemiskinan
           3. Pollotion                  – Kerusakan
           4. Policy / Politic          – Kebijakan
DEFINISI LINGKUNGAN HIDUP 
     a>.Prof.Emil Salim :
Sebagai suatu benda,kondisi,keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruangan yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia .
     b> Prof.Munajat Danusaputro,SH  :
Segala benda dan daya serta kondisi,termasuk di dalamnya manusia dan tingkah perbuatannya,yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan  jasad-jasad hidup lainnya .
      c>  Prof.Otto Soemarwoto
Jumlah semua benda,kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati yang  mempengaruhi kehidupan kita .
      d> Rumusan UU No.4 Tahun l982 { Pasal 1( 1  ) }
Kesatuan dengan Semua benda,daya keadaan dan Mahluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungaan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya .
       e> .Rumusan UU No.23 Tahun l997 { Pasal l ( l ) }
Kesatuan ruang dengan semua benda,daya keadaan dan Mahluk hidup ,termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungaan perikehidupaan dan kesejahteraan manusia serta Mahluk hidup lainnya .
LINGKUNGAN HIDUP DI INDONESIA
Menurut UU No.4 Tahun l982, didalam Pasal 2 dinyatakan bahwa :”Lingkungan Hidup Indonesia berdasarkan Wawasan Nusantara mempunyai  Ruang lingkup yang meliputi : Ruang,tempat negara Republik Indonesia,   melaksanakan kedaulatan,hak berdaulaat sert a Yuridiksinya “ Sedangkan menurut UU No.23 Tahun l997, dinyatakan di dalam Pasal 2 nya,yaitu :”Ruang Lingkup Indonesia meliputi Ruang,tempat negara kesatuan  Republik Indonesia yang berwawasan Niusantara dalam melaksanakan Kedaulatan,hak berdaulat dan Yuridiksinya “

HUBUNGAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PEMBANGUNAN

  • Merupakan satu hal yang kontroversiil .Mengapa ?
  • Banyak permasalahan yang ditimbulkan dari adanya hubungan antara lingkungan hidup dengan pembangunan.
  • Policy Pemerintah untuk menjaga agar adanya kesinambungan dan  Keserasian serta keseimbangan antara Pembangunan dengan  Lingkungan hidup, maka Pemerintah mencanangkan suatu Policy yaitu : “ Pembangunan yang  berwawasan Lingkungan “
Terima Kasih
Categories: Kesehatan Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: