Home > Kebijakan Kesehatan > SKEMA KEBIJAKAN TRIPRATIAT

SKEMA KEBIJAKAN TRIPRATIAT

Seorang sosiologI secara khususnya yang mempelajari sistem pengobatan di berbagai negara akan memperoleh tiga keuntungan sekaligus, (1) mendapatkan sebuah pemahaman mengenai beragamnya pendekatan yang ada untuk mempertemukan kebutuhan akan pengobatan, (2) mendapatkan sebuah pemahaman dari variasi faktor yang dapat mempertajam pengembangan dari berbagai pendekatan tersebut, dan (3) medapatkan sebuah pemahaman bagiamana sistem pengobatan di Amerika Serikat dibandingkan dengan sistem pengobatan di negara-negara lain. Menurut Donald Light, sistem pengobatan di Amerika Serikat tidak seperti umumnya jika dibandingkan dengan sistem pengobatan lainnya sehingga pada akhirnya kita memperoleh perspektif untuk memahami bagaimana sistem pengobatan itu bekerja (Light, 1990:429).
Howard Leitcher (1976:6-8) menggunakan skema kebijakan tripatriat untuk membandingkan sistem pengobatan pada empat negara yakni China, Rusia, Kanada dan Inggris. Berikut skema kebijakan tripatriat yang akan digunakan untuk membandingkan sistem kesehatan antar negara tersebut :
a. Public policy didefinisikan sebagai serangkaian dari tindakan yang berorientasi tujuan yang dipegang oleh orang atau institusi yang mempunyai otoritas (contoh: pemerintah) yang mana biasanya mengandung perundang-undangan yang didalamnya terdapat anggaran, keputusan eksekutif dan administratif, keputusan hukum. Contoh dari penerapan public policy antara lain undang-undang mengenai kesehatan gratis.
b. Policy output didefinisikan sebagai bagaimana pada kenyataannya pemerintah menjalankan peraturan yang dikehendaki. Sebagai contoh dari policy output ini yaitu menawarkan asuransi kesehatan pada pekerja atau bertambahnya dokter yang dilatih untuk mengakomodasi kebutuhan pasien. Pemerintah juga harus mendelegasikan pelaksanaan kebijakan kepada NGO. Policy output diartikan sebagai bentuk tindakan dari pemerintah.
c. Policy impact merujuk pada konsekuensi dari aktivitas pemerintahan. Policy impact adalah melihat penilaian dari penerapan kebijakan publik yang telah dicapai. Sebagai contoh adalah tidak adanya seseorang yang memanfaatkan sistem pengobatan karena kurangnya asuransi. Policy impact juga bisa berarti pada konsekuensi baik yang diinginkan maupun yang tidak inginkan.
Terima Kasih
Advertisements
Categories: Kebijakan Kesehatan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: