Home > Kebijakan Kesehatan > SEKTOR SWASTA DAN KEBIJAKAN PUBLIK

SEKTOR SWASTA DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Pada bab selanjutnya kita akan belajar lebih tentang bagaimana pemerintah membuat dan menerapkan kebijakan publik dan ada contoh untuk menggambarkan keterlibatan sektor swasta dalam prosesnya. Sektor swasta sering terpengaruh oleh kebijakan publik, akibatnya mereka mencoba mempengaruhi isi kebijakan tersebut. Sektor swasta mempunyai pengaruh dalam berbagai cara. Perusahaan‐perusahaan sering menyediakan dana untuk partai politik dan untuk kampanye politik dengan harapan bahwa saat partai dan politisi tersebut terpilih, mereka akan lebih merespons permintaan perusahaan‐perusahaan agar dapat terlibat dalam proses kebijakan.
Organisasi‐organisasi swasta juga melobi untuk atau melawan kebijakan tertentu. Pengaruh juga bisa didapat melalui keterlibatan perusahaan dalam kepanitiaan pemerintah dan kelompok kerja. Terlebih lagi, eksekutif perusahaan juga berkompetisi untuk posisi di kantor pemerintahan. Jika berhasil, bisa mengambil posisi yang sejalan dengan kepentingan bisnis. 
Ko‐regulasi
Ko‐regulasi memberikan “jalan ketiga” antara undang‐undang dan peraturan‐sendiri. Ini mungkin dianggap sebagai keterlibatan sektor publik dalam pengaturan‐sendiri oleh kelompok bisnis. Idenya adalah pemerintah dan sektor swasta akan bernegosiasi atas serangkaian kebijakan yang disetujui atau tujuan peraturan. Kemudian, sektor swasta akan mengambil tanggung jawab atas penerapan ketentuan tersebut. Pelaksanaan pengawasan tetap menjadi tanggung jawab masyarakat atau diserahkan pada pihak ketiga – kadang‐kadang pada LSM pengawas. Gagasan Ko‐regulasi sering melibatkan kerjasama antara masyarakat, swasta dan pelaku sosial masyarakat. Ko‐regulasi merupakan hal yang baru, dengan pengalaman terbatas di level nasional dan internasional. Sebagai contoh: di Inggris, Advertising Standards Authority mempunyai sangsi untuk melawan iklan‐iklan menyesatkan yang didukung oleh undang‐undang dari Office of Fair Trading yang bisa menjamin keputusan Pengadilan Tinggi untuk mencegah perusahaan menerbitkan iklan yang sama atau serupa. Dengan kata lain, dukungan undang‐undang memberi kekuatan pada peraturan pengaturan‐sendiri. Uni Eropa juga membuat percobaan dengan ko‐regulasi khususnya sehubungan dengan internet, jurnalisme dan e‐commerce.
Terima Kasih
Advertisements
Categories: Kebijakan Kesehatan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: