Home > Kebijakan Kesehatan > PEMERINTAH SEBAGAI PENENTU AGENDA KEBIJAKAN

PEMERINTAH SEBAGAI PENENTU AGENDA KEBIJAKAN

Pemerintah, khususnya pemerintah negara‐negara besar dan makmur dapat sangat berpengaruh dalam penentuan agenda kebijakan internasional. Contohnya, pemerintahan Presiden Bush di Amerika Serikat secara aktif mempromosikan strategi ‘ABC’nya (‘abstinence (pengendalian diri), be faithful (setia), dan condom use (penggunaan kondom)’) untuk mencegah HIV/AIDS dan melakukan pengawasan terhadap komunitas kesehatan masyarakat internasional dan negara‐negara dengan tingkat keterjangkitan tinggi, khususnya di daerah Sub‐Sahara di Afrika, di hadapan berbagai macam kritik dari para ahli maupun aktivis. Pemerintahan Presiden Bush bisa melakukan hal ini karena besarnya jumlah dana yang tersedia bagi pencegahan HIV/AIDS dan terpenuhinya syarat-syarat yang berlaku bagi penggunaan dana ini.
Di dalam negeri mereka sendiri, pemerintah terang‐terangan merupakan penentu agenda yang penting karena mereka mengendalikan proses legislatif dan sering memulai perubahan kebijakan (lihat artikel sebelumnya untuk penjelasan yang lebih detil mengenai proses ini). Pada tahun 1990‐an merupakan hal biasa bagi partai politik untuk menentukan agenda selama masa kekuasaan mereka jauh sebelumnya yaitu dengan cara mempublikasikan manifesto pemilihan umum yang relatif terperinci dan berjanji untuk menerapkan perubahan‐perubahan yang dinyatakan dalam manifesto tersebut apabila mereka terpilih. Manifesto dan janji tersebut sebagai salah satu cara untuk memperoleh kepercayaan para pemilih. Cara ini merupakan satu dari sekian banyak cara yang secara nyata diusahakan oleh pemerintah untuk menentukan agendanya. Meskipun demikian, manifesto tersebut hanya memperbesar kemungkinan masuknya sebuah pokok persoalan ke dalam
agenda karena tidak ada jaminan apakah pokok persoalan tersebut akan ditindaklanjuti atau tidak. Contohnya, aktivis‐aktivis politik yang menulis manifesto tersebut mungkin tidak memberi perhatian yang cukup pada kelayakan usulan yang mereka ajukan. Selain dalam manifesto partai pra‐pemilihan umum mereka, sejauh mana pemerintah menjalankan program aktif pencarian pokok persoalan serta mencari hal‐hal yang perlu dimasukkan dalam agenda kebijakan? Hogwood dan Gunn (1984) menyatakan bahwa pemerintah seharusnya melakukan hal ini karena mereka perlu mengantisipasi masalah sebelum masalah tersebut muncul untuk meminimalisasi konsekuensi apapun yang merugikan atau untuk mencegah terjadinya krisis.
Mungkin, alasan paling jelas yang mendasari pencarian pokok persoalan ada dalam lingkungan eksternal seperti demografi, teknologi, dsb. Di hampir semua negara, pertambahan angka dan perbandingan usia lanjut dalam jumlah penduduknya harus dipertimbangkan dalam penentuan kebijakan kesehatan di area‐area seperti pembayaran layanan, perawatan jangka panjang bagi mereka yang lemah, dan manajemen penyakit kronis. Solusi‐solusi baru juga tersedia bagi permasalahan‐permasalahan lama, seperti catatan medis pasien yang saling berhubungan yang disimpan oleh beberapa institusi berbeda. Masalah‐masalah yang baru berangsur‐angsur menjadi jelas, seperti efek potensial perubahan iklim pada perekonomian agraris dan risiko sifat‐sifat kesehatan masyarakat. Selain melayani pemerintahan terpilih, salah satu fungsi layanan sipil yang bertanggung jawab adalah untuk memberikan laporan mengenai pengidentifikasian dan pokok-pokok persoalan kebijakan masa depan yang mungkin akan menarik perhatian para menteri, khususnya pokok‐pokok persoalan yang kemungkinan besar tidak bisa dihindari, seperti dampak pemanasan global. Meskipun demikian, tidak ada jaminan bahwa pemerintah yang berkuasa akan mau menanggapi apa yang mereka anggap sebagai pokok persoalan jangka panjang yang bisa ditangani oleh penerus pemerintahan tersebut dan bukan oleh mereka sendiri.
Terima Kasih
Categories: Kebijakan Kesehatan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: