Home > Teori Kebijakan > LOBI LAYANAN KESEHATAN

LOBI LAYANAN KESEHATAN

Istilah lobi sebagai kata benda berhubungan dengan area dalam parlemen dimana warga masyarakat dapat membuat tuntutan kepada legislator dan tempat dimana para penyusun kebijakan bertemu. Istilah ‘lobi’ juga dipakai sebagai kata kerja yang berarti membuat pertemuan langsung dengan seorang penyusun kebijakan. Lobi dan kelompok berkepentingan mempunyai kesamaan dimana keduanya berusaha untuk mempengaruhi penyusun kebijakan. Pelobi dipekerjakan oleh berbagai organisasi untuk mewakili kepentingan klien mereka dengan dasar komersil.
Pada tahun 2000, para pelobi layanan kesehatan mengeluarkan dana 237 juta dolar, lebih besar daripada industri mana pun, untuk mempengaruhi para wakil dan senator, eksekutif dan badan federal lainnya di tingkat nasional. Dari jumlah ini, perusahaan obat dan perlengkapan medis menyumbang lebih dari sepertiganya (96 juta dolar); dokter umum dan profesi kesehatan lainnya (46 juta dolar), rumah sakit dan panti kesehatan (40 juta dolar); perusahaan asuransi kesehatan dan managed‐care (31 juta dolar); advokasi penyakit dan organisasi kesehatan masyarakat (12 juta dolar).
Semakin besar jumlah pendanaan, semakin besar pula kemungkinan para kelompok ini untuk mengajukan pendapat mereka kepada legislator. Para dokter yang memberi komentar pada penelitian ini menunjukkan kekhawatiran mereka bahwa ‘kebijakan kesehatan berada dalam resiko terlalu dipengaruhi oleh kelompok kepentingan tertentu yang dapat menyediakan sumberdaya keuangan yang paling besar.’ (Kushel dan Bindman 2004).
Selama tiga periode penelitian ini, jumlah organisasi yang memperkerjakan para pelobi meningkat 50%, hal ini menunjukkan bahwa lobi merupakan alat yang semakin populer untuk memberi pengaruh kepada sistem politik Amerika.
Terima Kasih
Categories: Teori Kebijakan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: