Home > Kebijakan Kesehatan > FAKTOR PENENTU KEBIJAKAN KESEHATAN

FAKTOR PENENTU KEBIJAKAN KESEHATAN

Studi perbandingan tentang kebijakan publik telah mengajarkan setidaknya satu prinsip yang jelas bahwa setiap kebijakan publik di setiap negara mempunyai keunikan konfigurasi. Walaupun subjek dari kebijakan berkaitan dengan pendidikan, lingkungan, ketahanan nasional, atau sistem kesehatan, dan walaupun fokusnya di Amerika Serikat, Cina atau Kanada, dapat diidentifikasi ada faktor penentu yang paling penting.
The range and number of factors that influence or determine what governments do or, for that matter, what they choose not to do, are virtually infinite. Public policy may be influenced by prior policy commitments, international tension, a nation’s climate, economic wealth, degree of ethnic conflict, historical traditions, the personality of its leadership, the level of literacy of its people, the nature of its party system and whether it is governed by civilian or military leaders….Virtually anything can influence or determine what governments do (Leitcher, 1979:38).
Robert Alford (1969) dan Leithcer (1979) telah menuliskan faktor kunci yang berpengaruh. Alford menggunakan kerangka pikirnya dengan memberikan penekanan pada faktor situasional, struktural, kultural, dan lingkungan yang bisa mempengaruhi kebijakan publik. Situational determinants diartikan sebagai penentu yang bersifat sementara, kondisi yang tidak tetap/sementara yang sifatnya temporer dalam keadaan alam. Sebagai contoh depresi Amerika pada tahun 1920 dan 1930 dimana situasi saat itu mempengaruhi kesejatheraan sosial dan kebijakan pengobatan kesehatan. Structural determinants diartikan sebagai penentu yang lebih tetap/permanen dan sifat-sifat yang selalu ada di masyarakat dan termasuk di dalamnya struktur politik, sistem ekonomi, dan komposisi demografi. Sebagai contoh sistem ekonomi pasar liberal di Amerika Serikat dan sistem ekonomi sosial di Kuba yang dapat berkaitan dengan sistem pengobatan di kedua negara ini. Cultural determinants didalamnya terdapat prinsip nilai-nilai yang dianggap penting dalam mainstream kebudayaan. Nilai individual di masyarakat Amerika menjelaskan kalau orang mau berusaha, maka mereka dapat memperoleh uang yang bisa digunakan untuk membayar fasilitas pengobatan ini konsisten dengan ketiadaan perlindungan kesehatan yang universal. Sedangkan nilai yang dianut dalam pemerintahan Inggris yaitu mengarah pada bentuk negara kesejahteraan (welfare state) negara yang menjamin segala kebutuhan kesehatan bagi semua orang dengan diterapkannya undang-undang yang menjamin biaya pengobatan seseorang. Environmental determinants merujuk pada kegiatan yang terjadi diluar sistem politik namun memberikan pengaruh juga pada sistem politik ini. Sebagai contoh yaitu mengapa sistem negara kesejahteraan di Inggris lebih mudah tersebar ke Kanada dibandingkan jika di Amerika. Hal ini disebabkan sistem politik di Kanada pemerintah lebih dekat dengan masyarakatnya.
Para ekonomi melihat sistem pengobatan kesehatan di masyarakat Amerika berdasar pada popular choice positon sistem pengobatan yang harus sesuai dengan keinginan masyarakat. Pilihan masyarakat diekspresikan melalui keputusan individual dalam ranah pasar dan melalui tindakan pengundian. Sedangkan dalam penjelasan secara sosiologis dan politik melihat dan menjelaskan adanya power group bahwa kebijakan mengenai kesehatan akan tersebar luas melaui kekuasaan dan pengaruhnya kepada kelompok lain (contoh : rumah sakit, perusahaan asuransi). Beberapa analis menekankan pada pengaruh dari perkembangan ekonomi dan komposisi demografi. Analisis Marxist memfokuskan pada peran dari kelas formasi, kepentingan kelas, dan perilaku politik dari berbagai kelas dan penjelasan tentang kurangnya perlindungan kesehatan di Amerika seperti halnya dengan lemahnya serikat kerja dan tidak adanya pengaruh dari partai sosialis (Navarro, 1989).
Terima Kasih
Categories: Kebijakan Kesehatan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: