Home > Pencemaran Lingkungan > VARIABEL PENGHASIL LIMBAH

VARIABEL PENGHASIL LIMBAH

Beberapa hal yang perlu dicermati  khususnya di negara yang sedang akan berkembang antara lain :
• Pertumbuhan penduduk  semakin tidak terkendali, hal ini sangat berkaitan erat dengan tingkat pendidikan, budaya dan kesadaran yang masih rendah akan kesejahteraan bersama. Makin tinggi tingkat pendidikan seharusnya kesadaran akan lingkungan makin tinggi. Coba perhatikan keadaan sekeliling sdr. Apakah pernyataan tersebut selalu benar ?

• Manusia selalu ingin meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya, makin banyak anggota keluarga akan semakin besar biaya hidup yang ditanggungnya.

• Saat ini manusia tidak hanya cukup dengan  makan, namun keperluan lain juga menuntut untuk dipenuhi, misal ingin mempunyai ”tempat tinggal yang layak, berpakaian pantas”, memiliki barang untuk menopang ”kesenangan” dan ingin mendapat pendidikan yang layak namun bermutu dan lain sebagainya.

• Tidak ”semua barang”  yang diperlukan dapat dihasilkan sendiri, tetapi dihasilkan oleh berbagai macam industri. Makin banyak industri didirikan dan beroperasi makin banyak memerlukan sumberdaya dan makin banyak pula menghasilkan limbah dan bahan pencemar lain.

• Tidak dapat disangkal, manusia juga akan menghasilkan limbah dan bahan pencemar, makin banyak manusianya limbah dan bahan pencemar yang dihasilkan oleh manusia juga akan makin banyak. Tidak semua limbah dan bahan pencemar tersebut dapat terdegradasi secara alamiah. Akibatnya, kualitas lingkungan makin lama makin  menurun dan makin memburuk.

• Salah satu sumberdaya yang siap dimanfaatkan dalam usaha meningkatkan kesejahteraan  manusia adalah sumberdaya alam baik yang  terbarukan maupun yang tidak terbarukan.

• Eksploitasi sumberdaya alam yang berlebihan, dengan tidak dilakukan usaha ”perbaikan” yang seimbang akan dapat menurunkan kualitas lingkungan. Dengan kata lain, makin  banyak industri yang berkeinginan meningkatkan taraf hidup manusia ”yang tidak henti-hentinya dan selalu bersaing”, akan  makin memperburuk lingkungan.

• Makin banyak perusahaan beroperasi, akan terjadi persaingan yang makin ketat. Persaingan ini ”dapat diatasi” dengan mengeluarkan ”biaya eksternalitas” dalam bentuk  promosi..

•  Promosi akan  mengakibatkan kenaikan harga, dan kenaikan harga ini ditanggung bersama oleh konsumen.

•  Tidak semua konsumen, akan menanggung pencemaran, hanya manusia yang tinggal di sekitar industri akan menanggung pencemaran. Yang jauh dari industri tidak terkena pencemaran namun membayar harga hasil produksi sama, artinya pengusaha akan mendapat keuntungan lebih banyak

• Globalisasi perdagangan telah mengakibatkan negara ketiga (yang sedang akan berkembang) sebagai tempat ”pembuangan” produk industri. Makin banyak ”produk buangan” dari negara maju, makin banyak limbah dan bahan pencemaran timbul.

• Secara tidak sadar  setiap manusia mempunyai andil dalam menghasilkan limbah dan bahan  pencemar. Makin tinggi tingkat hidup seseorang, makin  banyak pula limbah dan bahan pencemar yang dihasilkan.

• Mengendalikan timbulnya limbah dan bahan pencemar, berarti tiap manusia harus membatasi diri ”dalam memproduksi limbah dan bahan pencemar”, oleh karena itu tiap manusia harus dan wajib sadar lingkungan.

Categories: Pencemaran Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: