Home > Pencemaran Lingkungan > MONOSODIUM GLUTAMAT

MONOSODIUM GLUTAMAT

Monosodium glutamat atau yang lebih dikenal dengan vietsin adalah bumbu penyedap masakan sintetis yang terbuat dari proses netralisasi asam glutamat (GA) dengan menggunakan bahan penolong asam chlorida, activated carbon dan soda kostik. Asam glutamat diperoleh dengan cara memfermentasikan tetes hasil samping industri gula, menggunakan mikrobia Brevibacterium Lactofermentum atau Corinebacterium Glutamicum. Kedua jenis bakteri ini dipilih karena mampu memproduksi glutamat paling banyak dibanding bakteri jenis lainnya. MSG bukan bumbu penyedap masakan pada awalnya lebih banyak digunakan dikalangan masyarakat keturunan Cina. Penggunaan MSG sebagai bumbu penyedap masakan kini semakin populer. Penggunannya sekarang tidak hanya terbatas dikalangan masyarakat keturunan Cina saja. Dengan harga relatif lebih murah menjadikan penyedap masakan sintetis tersebut cepat dikenal masyarakat luas. Media tumbuh bakteri ada 2 macam yang dijumpai yaitu :

1. Versi penggunaan enzim

2. Versi penggunaan asam

Dasar pemilihan media tumbuh ini harus memenuhi persyaratan ekonomi yaitu mudah didapat, murah dan daya produksinya besar. Bahan dasar kedua media tumbuh ini adalah protein kacang kedele. Pada versi penggunaan enzim dalam proses hidrolisanya, bactosoyton dan bactopepton atau polypepton menggunakan enzim yang terdapat dalam usus hewan. Selain usus sapi atau ternak lain, sangat dimungkinkan enzim yang digunakan berasal dari ekstrak usus babi. Disamping itu produsen bactopepton tidak mencantumkan daging binatang apa yang digunakan.

Mempertentangkan mana yang mengandung lemak babi antara bactosoyton dengan bactopepton adalah tidak tepat. Perbedaan diantara keduanya terletak dari bahan dasarnya. Bactosoyton menggunakan bahan dasar kedele, sedangkan mameno yang juga merupakan media tumbuh bakteri menggunakan bahan dasar kedele dan asam chlorida sebagai bahan tambahan pada proses hidrolisisnya.

Categories: Pencemaran Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: