Home > Kebijakan Lingkungan > PENGERTIAN KETIMPANGAN KESEHATAN

PENGERTIAN KETIMPANGAN KESEHATAN

‘Keadaan sosial dan ekonomi yang buruk mempengaruhi kesehatan sepanjang hidup. orang lanjut turun tangga sosial biasanya menjalankan setidaknya dua kali risiko penyakit serius dan prematur kematian seperti yang di dekat bagian atas ‘(Wilkinson dan Marmot 2003:10).
Istilah ‘kesehatan inequalities’ and ‘ kesehatan inequities’ digunakan dalam penelitian ini dan kebijakan sastra, dan keduanya merujuk pada sifat adil atau tidak adil perbedaan kesehatan antara kelompok-kelompok sosial, yang dihasilkan oleh kondisi sosial. Sebuah badan besar penelitian telah menetapkan bahwa mereka yang miskin atau dirugikan lebih mungkin untuk menghadapi penyakit yang lebih selama hidup mereka dan mati lebih muda dari mereka yang lebih baik. Ini berarti bahwa peluang yang panjang dan hidup sehat tidak sama untuk semua orang. Ada kesenjangan kesehatan antara yang kaya dan miskin. Ada juga gradien sosial yang jelas dalam kesehatan dimana kesehatan umum meningkatkan dengan setiap langkah menaiki tangga pendapatan. Bentuk lain dari ketidakadilan, berdasarkan etnis, jenis kelamin atau geografi misalnya, dapat senyawa kesehatan kesenjangan yang dihasilkan oleh yang mendasari kesenjangan sosial-ekonomi. Ini berarti bahwa beberapa kelompok sosial terutama sangat terpengaruh.
1. Ada juga minat dalam penelitian yang menghubungkan ini penentu sosial, terutama stres, dengan perubahan biologis.
2 Whitehead dan Dahlgren (2006) membuat titik bahwa istilah yang sinonim. Kesenjangan kesehatan adalah istilah umumnya digunakan dalam artikel ini, karena lebih umum digunakan dalam konteks kebijakan kesehatan.

Biaya manusia dan ekonomi ketidaksetaraan kesehatan yang substansial. penelitian terbaru (berdasarkan tahun 2004 angka) menunjukkan bahwa ketimpangan terkait kesehatan jumlah kerugian lebih dari 700.000 kematian per tahun dan 33 juta kasus sakit di Uni Eropa sebagai keseluruhan (Mackenbach et al 2007). Penulis memperkirakan bahwa kerugian mencapai 20% dari total biaya perawatan kesehatan dan 15% dari biaya total tunjangan jaminan sosial. Diperkirakan bahwa 5.400 orang lebih sedikit akan mati prematur setiap tahun di seluruh negara dengan mengatasi kekurangan sosial dan ketidakadilan, kematian yang cocok tingkat Eropa (Departemen Kesehatan, Sosial dan Keamanan Publik, 2002: 23).
Sebuah jumlah tertentu dari variasi dalam kesehatan, berdasarkan faktor-faktor biologis atau genetik yang diharapkan dalam populasi. Tapi kesenjangan kesehatan, atau kesenjangan kesehatan, merujuk secara khusus perbedaan kesehatan antara kelompok sosial yang memiliki tiga fitur yang membedakan (Whitehead dan Dahlgren 2006). Mereka adalah sistematis, yaitu mereka tidak acak tetapi mengikuti pola sosial yang konsisten. Mereka secara sosial diproduksi, bukan hasil dari proses biologis tetap atau lainnya, dan karena itu
dianggap sebagai dimodifikasi. Mereka banyak dianggap tidak adil atau tidak adil. Dengan cara ini, kesenjangan kesehatan merupakan aspek penting dari hak asasi manusia agenda mana peluang yang adil bagi kesehatan dan kesejahteraan makhluk diakui sebagai manusia benar. Ini barangkali lebih tepat dinyatakan dalam Deklarasi Alma Ata WHO : “Konferensi ini sangat menegaskan kembali bahwa kesehatan, yang merupakan keadaan lengkap fisik, mental dan kesejahteraan sosial dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan, adalah hak asasi manusia dan bahwa pencapaian tertinggi mungkin tingkat kesehatan adalah tujuan yang paling penting dunia sosial luas yang realisasi membutuhkan aksi dari banyak sektor sosial dan ekonomi lainnya di Selain sektor kesehatan ‘(Deklarasi Alma Ata 1978).



Categories: Kebijakan Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: