Home > Kesehatan Lingkungan > MANFAAT EKSTRAK TEH HIJAU UNTUK KESEHATAN TUBUH

MANFAAT EKSTRAK TEH HIJAU UNTUK KESEHATAN TUBUH

Secara alami tubuh memiliki kemampuan untuk melindungi dan meredam dampak negatif dari reaktifitas radikal bebas. Komponen yang dapat melakukan perlindungan tersebut adalah antioksidan. Namun jika jumlah radikal bebas di dalam tubuh banyak daripada jumlah antioksidan yang dihasilkan tubuh maka tubuh memerlukan antioksidan dari luar. Antioksidan dari luar itu dapat diperoleh dari sayur – sayuran, buah – buahan, dan tanaman yang salah satunya yaitu daun teh.

Minuman teh merupakan minuman yang paling banyak disukai oleh masyarakat setelah air, tidak kurang dari 120 ml setiap harinya. Di Indonesia, teh hitam lebih banyak dikonsumsi daripada teh hijau padahal teh hijau mempunyai khasiat yang lebih banyak bagi kesehatan dan kecantikan. Hal ini dikarenakan teh hijau tidak mengalami proses fermentasi selama pengolahannya sehingga zat – zat yang terkandung dalam teh hijau masih murni dan belum mengalami perubahan (Cabrera a.t el 2006). Tanaman teh yang tumbuh di Indonesia sebagian besar merupakan varietas assamica, teh varietas assamica mempunyai kelebihan dalam hal kandungan catechin yang lebih besar (Dewi, 2008).

Teh hijau (Camelia sinensis (L). O Kuntze) varietas assamica mengandung polyphenolic yang dikenal sebagai catechin. Dibanding dengan teh jenis lain semacam teh hitam ataupun teh oolong, kandungan polyphenol pada teh hijau jauh leih tinggi sekalipun dihasilkan pada pohon yang sama (Toruon at.el 2008). Total catechin pada teh hijau mengandung epigalotechin gallat (EGCG) 10 – 50 %. Manfaat positif dari kebanyakan teh hijau berasal dari EGCG (Chu & Juneja 1997).

Teh hijau memiliki toksisitas yang rendah (Gunawan, 1996). Namun demikian, konsumsi teh dapat menghambat penyerapan zat besi non – home sebesar 79 – 94 % jika dikonsumsi bersama – sama (Hurrel at.el, 1999). Akan tetapi berdasarkan penelitian yang sebelumnya usia teh hijau rekatif aman untuk dikonsumsi asal diminum 2 – 3 jam sesudah makan untuk mencegah terhambatnya penyerapan fe oleh catechin dalam teh (Besral at.el,2007).

Download Link :
http://www.ziddu.com/download/18171107/MANFAATEKSTRAKTEHHIJAUUNTUKKESEHATANTUBUH.docx.html

Categories: Kesehatan Lingkungan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: