Home > Software Klinik Sanitasi > Software Klinik Sanitasi

Software Klinik Sanitasi

Software Klinik Sanitasi Berbasis Surveilans

Software ini dibuat oleh Tim MIT Sanitasi Dinkes Kab. Lumajang dengan basis aplikasi menggunakan bahasa program Delphi. Spesifikasi komputer yang diperlukan termasuk minimal, yaitu Pentium III ke atas, OS windows xp,vista,windows 7, RAM minimum, VGA minimum, serta LAN yang bersifat optional.

Gambaran singkat software klinik sanitasi berbasis surveilans ini dapat anda lihat pada video berikut :

Latar belakang dibuatnya program aplikasi klinik sanitasi ini dimulai ketika tahun 2008 dilakukan survey sanitasi dasar (lebih tepatnya sensus, karena dilakukan secara total sampling). Dengan lebih 250 ribu rumah sasaran penilaian, kegiatan ini menghasilkan data base sanitasi dasar yang sangat menggiurkan, sehingga sangat “eman” jika tidak dimaksimalkan.
Survey sanitasi dasar dengan sasaran rumah ini menggunakan acuan Pedoman Teknis Penilaian Rumah Sehat Depkes RI Tahun 2007. Sehingga survey ini pada dasarnya selain bertujuan untuk memperoleh data dasar rumah sehat yang valid, juga diperolehnya gambaran prosentase rumah sehat, gambaran status sanitasi rumah (yang meliputi aspek komponen rumah, aspek sarana sanitasi, serta aspek perilaku), serta diketahuinya gambaran potensi resiko penyakit berbasis lingkungan dalam kaitan dengan kondisi rumah.

Tujuan diatas menjadi penting, karena sebagian besar penyakit berbasis lingkungan masuk dalam 10 besar penyakit, sehingga dengan aplikasi ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan petugas dalam identifikasi, analisa dan upaya pemecahan masalah kesehatan lingkungan dan penyakit berbasis lingkungan
Dengan output pada software klinik sanitasi ini akan diketahui kondisi sanitasi serta perilaku sanitasi pada sasaran serta dapat dilakukan analisa berdasarkan data cakupan analisa pada masing-masing kondisi. Kondisi yang dimaksud adalah kriteria dan indikator sesuai data base Survey Sanitasi Dasar dan checklist inspeksi sanitasi.
Data base survey sanitasi dasar meliputi berbagai item data sanitasi dasar rumah antara lain :
Indikator komponen rumah yang di survey meliputi :
1. Langit-langit
2. Dinding
3. Lantai
4. Jendela kamar tidur
5. Jendela ruang keluarga
6. Ventilasi
7. Lubang asap dapur
8. Pencahayaan
9. Kandang
10. Pemanfaatan Pekarangan
11. Kepadatan penghuni.
Indikator sarana sanitasi meluputi :
1. Sarana air bersih
2. Jamban
3. Sarana pembuangan air limbah
4. Sarana pembuangan sampah.
Indikator perilaku penghuni :
1. Kebiasaan mencuci tangan
2. Keberadaan vektor tikus
3. Keberadaan Jentik.
Sedangkan data base lain menggunakan acuan hasil inspeksi sanitasi pada lebih dari 34 checklist sasaran.
Check List Inspeksi Sanitasi Rumah
Check List Inspeksi Sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan (TPM)
1. Rumah Makan
2. Audit Hygiene Sanitasi MakananJasa Boga
3. Laporan Pemeriksaan Jasa Boga
4. Kantin Sekolah
Check List Inspeksi Sanitasi Sarana Air Bersih
1. Sumur Gali
2. Sumur Pompa Tangan
3. Perlindungan Mata Air
4. Penampungan Air Hujan
5. Kran Umum
6. Terminal Air
Check List Inspeksi Sanitasi Tempat-Tempat Umum (TTU)
1. Kolam Renang/Pemandian Umum
2. Depot Air Minum Isi Ulang
3. Pasar
4. Pusat Perbelanjaan
5. Salon
6. Pangkas Rambut
7. Masjid
8. Gereja
9. Hotel Melati
Check List Inspeksi Sanitasi Institusi
1. Kes lingkungan kerja Industri
2. Kes lingkungan kerja perkantoran
3. Sekolah
Berbagai macam checklist tersebut telah dibukukan lengkap dengan bobot dan nilai serta kriteria akhir. Dengan berbagai tool dan data base diatas maka intervensi dan tindak lanjut lapangan dapat dilakukan secara lebih tepat dan terarah.
  1. widi hendratno
    November 22, 2010 at 11:27 am | #1

    dimana saya bisa mendapatkan sofwer klinik sanitasi, tolong kirimkan ke alamat email saya.. trimakasih atas bantuannya

  2. arief
    November 29, 2010 at 1:33 pm | #3

    selamat siang pak. saya petugas sanitasi puskesmas malinau seberang kab.malinau kaltim. saya sangat tertarik melihat video softwear klinik sanitasi yg ada di blog ini. mau tanya bagaimana cara mendapatkan softwear ini? terima kasih. semoga bapak bersedia menjawab pertanyaan saya dan semoga blognya akan semakin bertambah maju lagi.

    • environmentalsanitation
      November 30, 2010 at 7:23 am | #4

      Mohon maaf mas Tasrif, untuk saat ini saya masih kesulitan untuk upload software ini karena kapasitasnya lumayan besar dan ribet. Kita masih mencoba membuatnya lebih praktis sehingga gampang di upload. Lain waktu jika sudah siap insya saya kontak. Terima kasih …

  3. khairil Ardhi
    December 19, 2010 at 8:48 am | #5

    asslkum…
    pak,sya mhsiswa kesling poltekes medan,sya trus mngkuti prkmbngan blog bpk.
    pak,gmna sya ngdpatin softwernya pak??
    kalau bisa bapak posting tentang ceklist rumah ibadah ya pak,,
    trims

  4. December 21, 2010 at 8:52 am | #6

    selamat pagi pak.

    saya seorang mahasiswa kesehatan lingkungan yang masih ingin belajar banyak tentang sanitasi dll. Lalu bagaimana saya bisa mendapatkan software tersebut?

    Mohon bantuannya agar dapat meweujudkan indonesia sehat.
    Trims.

  5. muhammad
    January 25, 2011 at 4:30 pm | #7

    pak saya mahasiswa tingkat akhir yang akan menysun tugas akhir tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas sanitasi dasar masyarakat pesisir jika bapak mempunyai materi yang relefan untuk itu maka saya harap bapak bisa sharing melalui email saya. terutama tentang indikator2 penilaian stsus sanitasi lingkungan. terima kasih pak

  6. Anik Purwaningsih
    March 28, 2011 at 9:53 am | #8

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Slmt pg pak, sy petugas Kes. Ling Puskesmas di kota Klaten, sy sngt tertarik dgn tulisn2 d blog bapak, bnr2 sngt membantu dlm sy melaksankn tgs2 kes. ling,,
    T’lebih sy sngt tertarik dgn software klinik sanitasi d blog bapak, kr2 utk bs mndptkn ny gmn y pak krn sy merasa ini wajib d miliki oleh tiap petugas kes. ling d puskesmas,,
    Terima kasih,,

  7. nova erany
    June 1, 2011 at 4:54 pm | #9

    saya seorang sanitarian d puskesmas kuala kampar, riau.saya sangat t’tarik dg software tch, gimana carany saya dptkn itu,pak? Bskah kt sharing masalah sanitasi? Ju2r,saya baru siap kul n langsung kerja jd blm b’pengalaman.mohon bantuanny,pak…

  8. reza
    July 5, 2011 at 6:33 pm | #10

    Salam sanitasi.
    Pak saya tertarik dengan software tersebut, apakah software tersebut freeware? apakah mungkin saya bisa mendapatkan software tersebut? kalaupun saya harus ke Lumajang saya bisa mampir ke alamat mana?
    Kebetulan saya sering ke Jember dan saya sekarang mengerjakan program sanitasi. Mungkin saya bisa mendapatkan kontak person dan alamat bapak dan kiranya bisa dikirim ke alamat e-mail saya reza.yohansyah@yahoo.co.id
    Terimakasih Bapak.

  9. yuyun yunia
    July 19, 2011 at 10:11 am | #11

    saya sanitarian puskesmas dan sangat tertarik dengan software yang bapak buat bagaimana saya bisa mendapatkannya?

  10. August 23, 2011 at 9:18 am | #12

    wah mntap ne sftwer… lalu untuk mndptknx bgmana carax neh?

  11. September 29, 2011 at 2:09 pm | #13

    salam hormat pak. saya sangat senang ketika ada alat untuk membantu sanitarian di puskesmas. kira kira anda bisa membantu untuk softwerenya digabungkan dengan pemetaan sehingga lebih menarik. Terima Kasih email saya iccong16@yahoo.com
    Nelson, Dinkes kab. TTS, Propinsi NTT

  12. November 17, 2011 at 5:55 pm | #14

    you are truly a excellent webmaster. The web site loading velocity is incredible. It seems that you are doing any unique trick. Furthermore, The contents are masterwork. you’ve performed a fantastic process on this topic!

  13. bram
    January 3, 2012 at 4:23 pm | #15

    salam kenal pak bila ada informasi mengenai software bisa didapatkan dimana kirim ke alamat email saya ya ( uwammoa8@gmail.com )

  14. Yohanes Yanto
    January 14, 2012 at 11:25 pm | #16

    Salam Kenal Pak, Nama saya Yanto, saya dari Ruteng – Flores NTT. Pak bagaimana caranya supaya saya bisa memperoleh software klinik sanitasi ?. saya sangat tertarik sekali dengan software tersebut karena dapat membantu saya dalam bekerja di Puskesmas. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak atas budi baik Pak untuk membantu saya. Pak bisa kirim informasi ke alamat Email saya : chelly_nd@yahoo.co.id

  15. http://andcarinsurancequotes.com
    March 21, 2012 at 6:03 pm | #17

    magnificent put up, very informative. I ponder why the other experts of this sector do not notice this. You should continue your writing. I’m sure, you have a huge readers’ base already!

  16. ama
    April 10, 2012 at 9:09 pm | #18

    salam kenal pak, saya rachma. mahasiswa kesehatan masyarakat. bila ada informasi tentang software ini dan cara mendapatkannya tolong diinfokan ke email saya ya pak. terimakasih sebelumnya. (ama_27@yahoo.com)

  17. sapani
    May 28, 2012 at 2:34 pm | #19

    salam kenal pak bagaimana mendapatkan software klinik sanitasi…ini email saya dan formulir inspeksi sanitasi TTU, TPM, Rumah sehat dan lain-lain (sapani_dinkessbs@yahoo.co.id) terima kasih

  18. BUSTANG,SKM
    June 25, 2012 at 9:52 pm | #20

    TOLONG KIRIMKAN SOFWARE KLINIK SANITASI,
    UNTUK DINAS KESEHATAN KAB.BONE SULSEL

  19. Rofiq
    July 13, 2012 at 11:07 am | #21

    Mas Bisa dikirimkan ke saya Softwarenya, dan jika beli berapa harganya
    kirim ke :

    Ruko Tol Boulevard Blok G-07,
    Jl. Pahlawan Seribu BSD CIty Tangerang 15322
    Atn : Mas Rofiq
    Hp : 0812 800 96 399

    Saya tunggu pengirimannya mas, Kalau bisa berupa CD.

  20. hamilton
    July 28, 2012 at 5:05 pm | #22

    kasih source nya dunkkk…biar org2 pada blajar….dan org indonesia makin pinter…ni kayak nya gk mau bagi2….org luar negri aja suka bagi2 ilmu…hahahay

    • environmentalsanitation
      July 29, 2012 at 9:15 am | #23

      Mohon maaf, software memang masih kurang aplikable untuk dishare source nya, karena ukuran dan ribetnya setting. Insy masih dicarikan alternatif penyempurnaan sehingga gampang upload-download. Sedangkan pengiriman source secaa fisik masih belum sempat direncanakan tim … he3 … thanks full 4attention ….

  21. Mulyadi
    August 6, 2012 at 12:44 pm | #24

    iya boz bs di kirim sama kita2 software atau bisa pesan nih klo itu merupakan hak cipta

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

